FRANHISE
NAMA KELOMPOK :
FEBRILIANTI DIAN PERTIWI ( 22210695)
GALUH LISTYA WIDHATI .S ( 22210937 )
WIANA LARAS WATI ( 29210181)
PENDAHULUAN
Latar Belakang
kami mengambil tema "franchise local" karena franchise local pada khususnya RM padang Sederhana sudah mempunyai nama yang cukup di kenal dan sudah mempunyai cabang hampir seluruh kota di indonesia.
RM. Sederhana sangat menonjolkan makanan sesuai dengan selera masyarakat indonesia, harga terjangkau dan pelayanannya bagus sehingga banyak franchisse yang memilih RM. Sederhana sebagai usahanya.
PEMBAHASAN
Sejarah Wralaba
waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850 an oleh isaac singer, pembuat mesin jahit singer , ketika ingin meningkatkan distribusinya penjualan mesin jahitnya, walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba yang lebih sukses, john S pemberton,pendiri coca cola[1].namun,sebuah industri otomotif AS,general motors industry ditahun 1898[2].di indonesia sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan unculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi.perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plu, yaitu franchisse tidak skedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya[3]'
Pengertian Franchise, Franchisor dan Franchisee
Franchise atau waralaba dalam bahasa indonesia, adalah sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa. selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
- franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada orang lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
- franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memenfaatkan dan atau untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba[4].
Waralaba dapat dibagi menjadi dua :
- waralaba luar negri : mac donald, kentucky fried chicken, pizza hut, Dunkin donuts, bread story, bread talk, wendys, kafe dome .
- Waralaba dalam negri : RM. sederhana, J.co, kebab babarafi
Kesimpulan
jadi RM.Sederhana banyak diminati Franchisee karena makanannya enak sesuai selera masyarkat indonesia , harganya terjangkau, dan pelayanannya bagus.
Refrensi
1. ^ http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/for-gol/franchising.html
2. ^ http://paroki-teresa.tripod.com/tonikom_waralaba1.html
3. ^ http://www.smfranchise.com/franchise/artiwaralaba.html
4. ^ pasal:1,PP No.16 Tahun 1997 Tentang Waralaba.
5. ^ http://www.google.com/kamis,12 april 2007/Henni T.soelaman/Ekspansi gaya RM.Sederhana
www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar